Tips Cara menggunakan google sketchup
by ipung achmad
sumber : ipung achmad
Langkah
·
Unduh aplikasi secara gratis.
Setelah diunduh, klik ganda berkas EXE.
·
Ikuti panduan instalasi di layar dengan saksama. Cara instalasi SketchUp mungkin berbeda-beda,
tergantung jenis komputer Anda.
Sumber: https://id.wikihow.com/Menggunakan-SketchUp
·
Bukalah SketchUp. Di layar utama program, Anda
akan melihat tampilan mirip 3D dengan tiga sumbu. Anda juga akan melihat Line,
Circle, dan Polygon tool. Masing-masing peralatan memungkinkan Anda membuat
bentuk yang diinginkan dengan berbagai cara.
Sumber: https://id.wikihow.com/Menggunakan-SketchUp
Pelajari dasar-dasar program agar Anda dapat menggunakannya
dengan nyaman:
Ketahuilah bahwa SketchUp menyediakan 10 peralatan sederhana.
Seluruh peralatan tersebut dapat Anda gunakan untuk membuat model. Peralatan
orbit, pan, dan zoom termasuk kategori peralatan utama. Peralatan tersebut
dapat Anda gunakan untuk menggeser tampilan dan mengubah sudut pandang. Cara
penggunaannya pun akan dibahas secara singkat di artikel ini.
Untuk menggeser keseluruhan layar, tekan tombol tengah pada
tetikus, lalu tahan tombol Shift pada papan tik.
Untuk menghapus, klik tombol panah pada bilah alat. Setelah
objek yang akan Anda hapus terpilih, objek tersebut akan berubah warna menjadi
biru. Tekan Delete pada papan tik.
Untuk menyimpan hasil pekerjaan, klik "File" di
pojok kiri atas jendela, lalu klik "Save As". Pilih lokasi
penyimpanan, kemudian beri nama berkas. Berkas SketchUp akan tersimpan dengan
ekstensi .SKP.
·
Buatlah garis. Saat membuka SketchUp, Line tool
akan otomatis terpilih. Anda dapat menggunakan alat tersebut untuk membuat
garis. Cobalah Line tool untuk berkreasi, dan untuk mengetahui bentuk garis
yang tersedia. Namun, garis ini berdimensi tunggal sehingga Anda tidak dapat
membelokkannya pada sudut tertentu.
Buatlah bentuk. Selain garis, Anda dapat membuat bentuk dua
dimensi lain, seperti lingkaran, kotak, atau segi lima, dengan alat yang
tersedia. Klik alat untuk bentuk yang diinginkan untuk membuatnya.
Karena Anda menggunakan program 3D, Anda akan melihat bahwa
gambar 2D akan tampil secara horizontal. Selain itu, bentuk 2D akan dibelokkan
ke permukaan di bawahnya (jika ada).
Cobalah membuat bola, setengah lingkaran, atau kubus dengan
SketchUp.
Mulailah membuat objek tiga dimensi. Anda dapat membuat
objek tiga dimensi dengan "menarik" atau "menekan" objek 2D
menjadi 3D. Gunakan Push/Pull tool pada bentuk 2D yang Anda buat, lalu lihatlah
perubahan pada objek.
Pilih Push/Pull tool:
Tekan tombol tetikus pada bentuk yang ingin Anda ubah
menjadi 3D.
Klik, lalu tarik atau tekan bentuk sesuai keinginan. Klik
kembali bentuk.
Perbesar objek sesuai keinginan, dan tambahkan lebih banyak
struktur.
Bereksperimenlah dengan objek. Tambahkan jendela, lubang,
atau elemen lain dengan memotong bentuk dalam bentuk 3D.
Pelajari cara melakukan panning dan orbiting.
·
Pelajari cara melakukan panning dan orbiting.
SketchUp memungkinkan Anda melihat objek dari berbagai perspektif. Fitur ini
adalah salah satu fitur penting dalam setiap program 3D. Pan tool memungkinkan
Anda menggeser gambar ke atas, bawah, kiri, atau kanan, atau mengombinasikan
perpindahan. Orbit tool memungkinkan Anda "mengelilingi" objek yang
telah dibuat. Perubahan perspektif ini memungkinkan Anda menampilkan seluruh
objek dari sudut mana saja.
·
Gunakan tombol geser tengah pada tetikus, atau
klik tombol Orbit dengan dua panah merah pada bilah alat untuk
"mengelilingi" objek.
Pindahkan dan putar objek dengan menggunakan Move
tool dan Rotate tool.
·
Pindahkan dan putar objek dengan menggunakan
Move tool dan Rotate tool. Kedua peralatan tersebut berguna untuk memindahkan
objek ke posisi lain.
·
Untuk informasi lebih lanjut, bacalah cara
menggunakan Rotate tool dan cara membalik objek dengan SketchUp di internet.
Warnai objek.
·
Warnai objek. Setelah objek selesai, objek
tersebut akan berubah warna, umumnya menjadi abu-abu kebiruan. Sebelum dapat
mewarnai suatu objek, Anda harus menyelesaikannya terlebih dahulu. Gunakan
Paint tool untuk mewarnai objek dengan warna atau tekstur. Jika Anda mewarnai
objek dengan tekstur, SketchUp akan menyesuaikan tekstur dengan permukaan
secara otomatis. Karena itu, selain berguna, Paint tool pun merupakan alat yang
menyenangkan.
·
Untuk menambahkan warna, klik wadah cat,
kemudian pilih salah satu kategori (seperti Ground Cover atau Named Colours).
Pilih salah satu warna atau tekstur, kemudian klik daerah pada bentuk yang
ingin Anda warnai.
Untuk membuat jendela, pilih Translucent.
·
Untuk menghapus sudut yang tidak diinginkan,
gunakan penghapus.
·
Untuk informasi lebih lanjut, bacalah panduan
untuk menambahkan tekstur ke SketchUp.
Pelajari cara memperbesar tampilan.
·
Pelajari cara memperbesar tampilan. Zoom tool
memungkinkan Anda memperbesar atau memperkecil tampilan objek yang sedang
dibuat. Dengan demikian, Anda dapat melihat lebih banyak detail objek. Jika
Anda memiliki tetikus dengan roda geser, Anda dapat menggeser ke atas untuk
memperbesar tampilan dan menggeser ke bawah untuk memperkecilnya.
Lihatlah model jadi di SketchUp.
·
Lihatlah model jadi di SketchUp. SketchUp
menyediakan berbagai model jadi, yang dapat Anda gunakan sesuai keperluan. Di
3D Warehouse, Anda dapat mengakses berbagai objek arsitektur, lanskap,
konstruksi, orang, taman bermain, dan transportasi. Periksalah pustaka komponen
-- siapa tahu Anda menemukan komponen yang bisa dicoba.
Pelajari cara menggunakan penanda konstruksi.
·
Pelajari cara menggunakan penanda konstruksi.
SketchUp memungkinkan Anda untuk meletakkan penanda konstruksi di mana saja
pada gambar. Setelah dipasang, Anda dapat menggunakan penanda untuk mengatur
objek. Penanda berbentuk garis titik-titik ini dapat membantu Anda
menyejajarkan objek.
Setelah lancar menggunakan peralatan standar
SketchUp yang dibahas di atas, pelajari peralatan tingkat lanjut.
·
Setelah lancar menggunakan peralatan standar
SketchUp yang dibahas di atas, pelajari peralatan tingkat lanjut. Peralatan
tingkat lanjut tersebut adalah resizing tool, uniform tool, curve tool, follow
me tool, text tool, angle tool dan measuring tape tool.
·
Gunakan resizing tool dengan memilih objek dan
menarik kotak di ujung dan tampak objek tersebut. Anda dapat mengubah ukuran
objek sesuai keinginan, seperti memperlebar, mempertinggi, memperpendek, atau
"menggepengkan".
·
Follow-me tool digunakan untuk memindahkan objek
ke arah yang sudah ditentukan untuk membuat objek baru.
·
Jika Anda mengeklik Uniform tool kemudian
memilih tampak tertentu, Anda akan mendapatkan tampak yang sama. Anda dapat
menyesuaikan ukuran tampak dengan menarik kursor.
·
Fungsi Curve tool tidak jauh berbeda dengan Line
tool. Namun, jika Anda menarik garis ke alat ini, garis lurus tersebut akan
berubah menjadi kurva.
·
Gunakan Text tool untuk menambahkan teks pada
model. Teks tersebut akan diletakkan pada tampak.
·
Dengan Angle tool, Anda dapat memutar objek
dengan mengeklik pada tampak dan mengarahkan kursor.
·
Ukur dan ratakan objek dengan memilih Measuring
tape tool dan memasukkan ukuran pada bagian kanan bawah layar.
Cobalah membuat sesuatu di SketchUp.
·
Cobalah membuat sesuatu di SketchUp. agar terbiasa dalam menggunakan aplikasi tersebut
terterimakasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar