Cari Blog Ini

Kamis, 18 Januari 2024

 Memberikan Efek yang  Sempurna Dengan Endscape

oleh : Ipung achmad

sumber : ipung achmad

Membuat render yang tampak nyata dapat dilakukan dalam cepat dengan cara rendering real-time Enscape yang lebih relevan, namun jika Rekan-rekan ingin membuat render Rekan-rekan selangkah lebih nyata, lihatlah tips rendering praktis dari Metode / cara ini.

 

Tip 1: Gunakan bahan PBR

Memiliki konfigurasi material yang baik di seluruh adegan sangat penting untuk mencapai hasil rendering yang realistis. Jika Pustaka Material Enscape baru (tersedia dengan Enscape 3.1 dan yang lebih baru) tidak memenuhi semua kebutuhan material Rekan-rekan, Rekan-rekan dapat menggunakan material PBR lain dari sumber eksternal.

 

PBR adalah singkatan dari Physically Based Rendering, dan pada dasarnya berarti bahwa materi PBR didasarkan pada dunia nyata, dan sangat realistis. Rekan-rekan dapat mengunduh materi PBR dari banyak sumber online (beberapa disebutkan dalam artikel sumber daya gratis ini), namun kuncinya adalah mengetahui cara menggunakannya.

 

Jadi, begitu Rekan-rekan memilih bahan yang Rekan-rekan sukai, Rekan-rekan akan melihat beberapa peta muncul untuk Rekan-rekan unduh, dan masing-masing peta memiliki kegunaannya masing-masing. Biasanya untuk Enscape, Rekan-rekan tidak perlu menggunakan semuanya. Saya biasanya mendownload peta difus, peta kekasaran, peta perpindahan, dan peta benjolan. Setelah Rekan-rekan mengunduhnya, Rekan-rekan dapat dengan mudah menerapkannya pada render Rekan-rekan di Enscape.

 

Untuk melakukannya, buat materi baru di perangkat lunak pemodelan asli Rekan-rekan, lalu muat peta difusi terlebih dahulu. Setelah itu, kita terapkan tekstur flat diffuse. Kami ingin membuka tab Enscape Material Editor dan kemudian mengimpor setiap peta ke bagiannya.

 

Bahannya terlihat jauh lebih realistis daripada menempatkan bahan datar, dan menghemat waktu dalam mengonfigurasi sendiri semua parameter bahan.

 

Tip 2: Gunakan profil IES

Meskipun distribusi cahaya default di Enscape sangat bagus, penggunaan profil IES dapat memberikan peningkatan nyata pada realisme render Rekan-rekan.

 

Jika Rekan-rekan belum pernah mendengar tentang IES hingga saat ini, pada dasarnya ini adalah file yang menyediakan lebih banyak distribusi pencahayaan fotorealistik dalam gambar yang dirender daripada distribusi cahaya default di sebagian besar mesin rendering.

 

Profil IES didasarkan pada distribusi cahaya di dunia nyata, dan beberapa di antaranya dibuat berdasarkan produsen bola lampu tertentu atau objek pencahayaan lainnya. Rekan-rekan dapat mengunduh banyak profil IES secara online gratis, dan Rekan-rekan dapat mengunggahnya dengan mudah ke Enscape. Rekan-rekan juga dapat mengurutkannya berdasarkan jenis lampu yang ingin Rekan-rekan gunakan.

 

Untuk menerapkan profil IES ke dalam adegan Rekan-rekan, Rekan-rekan perlu membuka tab objek, centang bagian "muat profil IES", dan muat IES yang Rekan-rekan inginkan. Tepat setelah Rekan-rekan memuat file IES, Rekan-rekan dapat melihat bahwa distribusi pencahayaan default yang ditawarkan Enscape diganti dengan profil IES yang menurut saya, jika digunakan dengan benar, dapat memberikan hasil yang lebih baik pada pemrekan-rekanngan Rekan-rekan.

 

Tip 3: Manfaatkan pencahayaan diri

Sebagian besar pemrekan-rekanngan Rekan-rekan mungkin memiliki sumber cahaya buatan. Dan yang mungkin tidak diketahui oleh beberapa pemula Enscape adalah bahwa menempatkan sumber cahaya dekat dengan objek cahaya tidak benar-benar menerangi objek cahaya itu sendiri. Dan ada satu cara sederhana untuk memperbaiki masalah ini.

 

Jika Rekan-rekan ingin menerangi cahaya eksterior, Rekan-rekan dapat memilih material dengan alat pipet (di SketchUp) dan mengubah opsi material menjadi self-illuminated di Enscape Material Editor, dan dengan begitu, sepertinya ada cahaya yang datang. dari dalam objek.


Tip 4: Sisipkan gambar HDRI

Cara lain untuk membuat render Rekan - rekan lebih realistis adalah melalui gambar HDRI (di Enscape, disebut Skybox sebagai latar belakang). HDRI membantu kita dalam dua cara berbeda saat melakukan rendering; yang pertama adalah memberi kita latar belakang cakrawala kita, dan yang kedua adalah memberi kita sumber cahaya realistis dari skenario kehidupan nyata.

 

Ada beberapa HDRI yang siap digunakan dalam Enscape. Namun jika Rekan - rekan sudah mendownload HDRI lain, untuk menerapkannya, buka Enscape Visual Settings, klik tab sky, ubah opsi menjadi Skybox lalu muat dari lokasi tempat Rekan - rekan mendownload HDRI.

 

Sebagian besar HDRI akan membuat langit dan pencahayaan terlihat sangat berbeda dibandingkan langit Enscape default. Rekan - rekan dapat bermain-main dengan banyak gambar HDRI dan melihat perbedaan di antara gambar-gambar tersebut, setelah itu Rekan - rekan dapat memilih salah satu yang paling Rekan - rekan sukai.

 

Banyak orang mengabaikan hal ini karena mereka menggunakan HDRI hanya sebagai gambar pengisi latar belakang. Namun faktanya, materi tersebut mencerminkan banyak isi gambar HDRI dan dapat memberikan pencahayaan yang lebih realistis di seluruh render.

 

Tip 5: Tambahkan ketidaksempurnaan permukaan

Sebagai visualisator 3D, kita harus memperhatikan dengan cermat di mana ketidaksempurnaan muncul dalam kehidupan kita sehari-hari agar dapat menerapkannya dengan benar dalam rendering kita. Di dunia nyata, tidak ada yang namanya sudut 90 derajat yang rapi atau bahkan permukaan mulus biasa, dan saya yakin kita juga harus mengupayakan tampilan tersebut dalam render kita (tentu saja bergantung pada kasus penggunaan dan situasi).

 

Untuk dapat menerapkan ketidaksempurnaan, pertama-tama kita perlu mencari sumber peta ketidaksempurnaan. Ada beberapa sumber online gratis yang dapat Rekan - rekan gunakan untuk menemukan ketidaksempurnaan permukaan yang cukup bagus.

 

Jadi biasanya beberapa jenis ketidaksempurnaan yang saya rekomendasikan adalah debu, goresan, dan sidik jari. Setelah Rekan - rekan mengunduh beberapa tekstur untuk setiap jenis ketidaksempurnaan ini, Rekan - rekan dapat melanjutkan ke langkah berikutnya dan melihat cara menerapkannya pada render Rekan - rekan.

 

Bagi saya, ada dua cara berbeda untuk menerapkan ketidaksempurnaan ini, dan bergantung pada skenarionya, saya akan memilih salah satunya.

 

Yang pertama dan tercepat adalah ketika saya menerapkan ketidaksempurnaan permukaan pada suatu material melalui Material Editor, dan menambahkan peta ketidaksempurnaan di bagian kekasaran. Ini bisa bekerja cukup baik dalam beberapa kasus, namun terkadang Rekan - rekan hanya ingin menerapkan ketidaksempurnaan pada area permukaan tertentu.

 

sumber:5 Tips for Creating Realistic Renderings in Enscape (enscape3d.com)

Saya mulai dengan membuat permukaan baru di dalam permukaan yang sudah ada dengan alat garis freehand, dengan cara itu dibuat tidak beraturan mungkin, dan pada permukaan baru yang kita buat, saya menerapkan salinan material yang sudah ada.

 

Setelah saya membuat salinannya, saya akan masuk ke Editor Material dan menerapkan peta ketidaksempurnaan di bagian kekasaran. Pastikan Rekan - rekan mencocokkan parameter specular melalui penggeser, sehingga permukaannya tidak memiliki terlalu banyak perbedaan antara satu sama lain saat dipantulkan, dan setelah itu, Rekan - rekan sudah cukup selesai.

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 Memberikan Efek yang  Sempurna Dengan Endscape oleh : Ipung achmad sumber : ipung achmad Membuat render yang tampak nyata dapat dilakukan d...